3 Jenis Kanker Yang Menyerang Wanita, 1 Diantaranya Juga Dapat Menyerang Pria

3 Jenis Kanker Yang Menyerang Wanita, 1 Diantaranya Juga Dapat Menyerang Pria

Semua orang tentunya ingin memiliki umur yang panjang dengan kondisi tubuh yang sehat bugar. Baik pria maupun wanita kedunya sama-sama memiliki reskio yang sama untuk terserang penyakit. 

Tapi, taukah kamu? kalau ternyata ada beberapa penyakit (Kanker)  yang dapat menyerang wanita ketimbang pria.

Terdapat banyak perbedaan psikologis dan fisiologis yang besar antara wanita dan juga pria sehingga potensi penykit yang akan mengenai wanita dan pria berbeda. Beberapa penyakit memanglah diketahui hanya terjadi pada pria saja misaalnya penyakit prostat.

Dan sebaliknya, ada juga kondisi medis tertentu yang hanya terjadi pada wanita saja, seperti penyakit yang memiliki kaitan dengan rahim dengan rahim.

Hal itu tentunya membuat para wanita harus mulai memberi perhatian lebih lagi pada beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Di luar dari penyakit-penyakit tersebut, sebagian besar kondisi medis dapat dialami oleh siapa pun tanpa memandang jenis kelamin. Tapi ada beberapa jenis Kanker yang berpeluang besar di alami wanita ketimbang 

Apa saja penyakit yang lebih sering menyerang para wanita dibandingkan pria? Berikut beberapa penyakit tersebut.

Kanker Payudara

Kanker payudara adala suatu jenis tumor ganas yang berkembang di sel-sel payudara. Kanker ini dapat tumbuh bila terjadi pertumbuhan yang  tidak normal dari sel-sel pada payudara.

Sel-sel tersebut membelah diri lebih cepat dari sel normal dan berakumulasi, yang kemudian membentuk massa atau benjolan. Pada stadium yang lebih parah, sel-selini dapat menyebar melalui kelenjar getah bening lalu ke organ tubuh lainnya.Pertumbuhan tersebut diduga disebabkan oleh mutasi gen yang diturunkan secara genetik.

gejala kanker payudara yang dialami pengidapnya, yaitu: 

  • Adanya benjolan atau sediikit pengerasan pada payudara yang berbeda dari jaringan sekitar.
  • Keluarnya darah dari puting payudara.
  • Terdapat pembesaran pori-pori kulit atau kemerahan pada payudara yang menyerupai kulit jeruk.
  • Nyeri dan pembengkakan pada area payudara.
  • Pengelupasan kulit di sekitaran puting payudara.
  • Adanya perubahan pada kulit payudara, seperti cekungan.
  • Terjadinya perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.
  • Puting tertarik masuk ke dalam.

Terdapat benjolan atau pembengkakan di bawah ketiak.

Kanker Ovarium

Kanker ovarium dikenal sebagai silent killer karena penyakit ini tidak menunjukkan gejala apapun di stadium awal oleh karena itulah para penderitanya tak menyadari kanker telah tumbuh di dalam ovarium mereka.

Rata-rata hanya ada sekitar 20 persen kanker ovarium yang terdeteksi sejak dini. Padahal, jika kanker ini terdeteksi sejak dini, maka angka harapan hidup penderitanya bisa lebih tinggi.

Ovarium adalah sepasang organ yang ada di dalam sistem reproduksi wanita. Salah satu fungsi ovarium adalah sebagai tempat pematangan sel telur dan  terletak di pelvis rongga bagian bawah perut.

Ketika seseorang mengalami kanker ovarium, maka ada jaringan sel yang berkembang secara tidak terkontrol. Sel ini bisa menyebar ke jaringan lain, seperti rahim dan tuba falopi.

Meskipun rata-rata kanker ovarium menyerang wanita di usia yang sudah lanjut. Tapi tak menutup kemungkinan jika wanita muda juga bisa mengalami kanker ovarium. 

Gaya hidup yang buruk, seeprti tidak olahraga dn juga tidak mengonsumsi makanan sehat akan meningkatkan risiko seseorang terkena kanker ovarium.

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker ovarium yang mungkin perlu diwaspadai wanita.

  •  Nafsu makan berkurang
  •  Sering buang air kecil
  •  Nyeri panggul atau perut
  •  Perut kembung

Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang hanya dapat mneyerang perempuan saja. kanker ini tumbuh pada sel-sel leher rahim. Pada umunya kanker ini berkembang dengan perlahan dan baru akan menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut. 

Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul masalah serius.Hampir sekitar 95% kanker serviks pada wanita disebabkan oleh adanya virus HPV, yaitu virus papiloma (human papilloma virus). Infeksi Human Papilloma Virus atau HPV biasa terjadi pada perempuan di usia reproduksi. 

Faktor Risiko yang menyebabkan perempuan terpapar Human Papilloma Virus adalah:

1. Menikah/memulai aktivitas seks di usia muda (kurang dari 20 tahun).

2. Berhubungan seks dengan laki-laki yang sering berganti pasangan.

3. Berganti-ganti pasangan seksual.

4. Riwayat infeksi di daerah kelamin.

5. Perempuan perokok dan perokok pasif. 

Berikut tanda-tanda yang harus di perhatikan:

• Perdarahan vagina. 

• Perdarahan saat berhubungan seksual.

• Mungkin ada metastasis.

• Gejala lain yang mungkin terbilang membingungkan.

Untuk itulah sangat penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Anda dapat memulai hidup sehat dengan banyak berolahraga serta mengonsumsi makanan yang sehat.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Obat Herbal Alami Untuk Penyakit Asma

Apakah Aman Jika Meminum Air Susu Kunyit Ketika Sedang Hamil?